Kompas.com - 20/09/2013, 16:00 WIB
Mobil murah keluaran Astra, Agya dan Ayla KOMPAS IMAGESMobil murah keluaran Astra, Agya dan Ayla
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com — Pemerintah memastikan kuota bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi tidak akan jebol, meski kebijakan mobil murah ramah lingkungan (low cost green car/LCGC) baru saja diluncurkan.

Hingga akhir tahun 2013, kuota BBM bersubsidi ditargetkan mencapai 48 juta kiloliter (kl), meski Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memperkirakan kuota BBM bersubsidi bakal jebol hingga 50 juta kl.

"Kami berharap dengan adanya peluncuran mobil murah ini, ongkos energi masih miring. Ini tidak akan membebani volume dari BBM bersubsidi yang telah ditetapkan di dokumen APBN Perubahan tahun ini," kata wakil Menteri Keuangan Anny Ratnawati saat ditemui di Pantai Indah Kapuk Jakarta, Jumat (20/9/2013).

Ia menambahkan, pemerintah juga mengimbau kepada pemilik mobil yang memiliki jumlah lebih dari satu unit untuk menggarasikan mobil lamanya sementara. Hal ini agar tidak menimbulkan konsumsi BBM bersubsidi yang lebih banyak dibanding pemakaian normal.

"Pakailah mobil yang irit, yang mobil lain masuk garasi saja dulu. Ini supaya tidak menambah macet Jakarta," tambahnya.

Harapannya, kebijakan mobil murah ramah lingkungan ini justru akan menghemat kuota BBM yang sudah ditargetkan. Di sisi lain, pemerintah juga mengantisipasi anggaran subsidi energi yang diperkirakan akan melonjak.

Namun, sampai saat ini, Kementerian Keuangan masih bersikukuh untuk mengalokasikan anggaran subsidi energi seperti yang sudah direncanakan semula.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sekadar catatan, Presiden SBY dalam pidato kenegaraan di hadapan rapat paripurna DPR pada 17 Agustus 2013 lalu mencatat anggaran belanja subsidi tahun depan direncanakan sebesar Rp 336,2 triliun, yang berarti turun sekitar 3,4 persen dari anggaran belanja subsidi dalam APBNP tahun 2013.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.