Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warren Buffet: The Fed adalah Hedge Fund Terbesar dalam Sejarah

Kompas.com - 22/09/2013, 11:03 WIB

NEW YORK , KOMPAS.com - Salah satu orang terkaya di dunia, Warren Buffet, menyebut bank sentral AS, Federal Reserve merupakan hedge fund (perusahaan investasi) terbesar dalam sejarah.

Hal ini karena Federal Reserve mampu mencetak keuntungan hingga 3 triliun dollar AS dari program pembelian obligasi pemerintah AS (quantitative easing). “The Fed merupakan hedge fund terbesar dalam sejarah," jelasnya dalam kuliah umum di Georgetown University Washington pekan lalu.

Bank sentral AS itu hingga saat ini melanjutkan program pembelian obligasi pemerintah AS sebesar 85 miliar per bulan untuk membantu pemulihan kondisi perekonomian di negara tersebut, setelah perekonomian AS anjlok di level terburuh setelah Great Depression.

Pekan lalu, Gubernur the Fed, Ben S. Bernanke dan para pejabat tinggi bank sentral mengambil keputusan yang tak diperkirakan sebelumnya, yaitu menunda pemangkasan stimulus, dan mempertahankan pembelian obligasi pemerintah AS sebesar 85 miliar dollar AS.

Tahun lalu, the Fed telah menyetorkan 88,4 miliar dollar AS kepada Departemen Keuangan AS. Jumlah yang dibayarkan itu makin membengkak lantaran the Fed terus melakukan pembelian obligasi pemerintah AS.

"The Fed tidak dalam tekanan untuk melakukan itu semua. Namun, bagaimanapun, utang harus dikurangi. Sebenarnya semua itu bisa diatasi jika ada orang bijak di the Fed, dan saya rasa Ben Bernanke adalah orang yang bijak. Akan tetapi, semua itu tidak sepenuhnya terselesaikan dalam level ini. Coba lihat saja, akan ada sesuatu yang menarik untuk dicermati," lanjut Buffet.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com