Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

IHSG Tergelincir di Pembukaan Awal pekan

Kompas.com - 23/09/2013, 09:19 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka memerah, menyusul aksi ambil untung oleh para investor di lantai bursa, setelah pekan lalu terjadi aksi beli besar-besaran merespons the Fed menunda pemangkasan stimulus ekonomi.

Selain itu, memerahnya indeks juga dipengaruhi oleh Wall Street yang pekan lalu ditutup memerah, karena investor masih ragu dengan keputusan bank sentral AS menunda stimulusnya.
Setelah 10 menit setelah pasar dibuka, IHSG turun 0,90 poin di 4542,41 atau turun 0,1 persen.

Dari 10 indeks sektoral, sembilan di antaranya dibuka memerah. Hanya ada satu indeks sektoral yang dibuka menguat, yaitu sektor agribisnis, ditopang oleh penguatan saham AALI. Saham-saham properti menjadi pemimpin pelemahan indeks pada pembukaan awal pekan ini. Di mana indeks sektoralnya turun 2,09 persen.

Dari regional, hampir seluruh bursa di kawasan Asia Pasifik dibuka melemah, kecuali bursa Shanghai yang menguat 0,94 persen, terdorong oleh saham-saham properti. Adapun bursa Hong Kong ditutup pada hari ini karena terjadi topan Usagi di wilayah tersebut.

Sementara itu, nilai tukar rupiah terhadap dollar AS kembali merosot menembus level Rp 11.000, tepatnya Rp 11.266 per dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com