Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ekonom: BI Rate Masih Bisa Naik

Kompas.com - 23/09/2013, 16:56 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Ekonom Standard Chartered Bank Indonesia Fauzi Ichsan memperkirakan, hingga akhir tahun ini  suku bunga acuan Bank Indonesia (BI Rate) masih akan naik.

"Kami perkirakan BI Rate masih akan naik 25 basis poin sehingga tahun 2013 akan mencapai 7,5 persen," kata Fauzi saat ditemui di Seminar HUT LPS di Hotel Ritz Carlton, Jakarta, Senin (23/9/2013).

Fauzi menyatakan, dengan menaikkan BI Rate maka akan menekan pertumbuhan ekonomi sehingga dapat mengurangi impor. Dengan demikian, sambung Fauzi, akan memperbaiki defisit transaksi berjalan yang cukup besar pada kuartal II tahun 2013.

"Sekarang kita lihat neraca transaksi berjalan Indonesia masih defisit, salah satu cara memperkecil itu adalah dengan naikkan suku bunga agar pertumbuhan ekonomi rendah dan impor juga rendah," ujar Fauzi.

Defisit transaksi berjalan, kata Fauzi, seharusnya memang didanai dengan Foreign Direct Investmen (FDI) atau penanaman modal asing, namun ia menilai FDI tidak cukup untuk mengatasi defisit yang terjadi di kuartal II 2013 karena sebagian besar investasi tersebut tidak berorientasi ekspor.

"FDI yang datang bukan merupakan ekspor oriented sehingga bukan sebagai solusi," ungkap Fauzi.

Lebih lanjut, Fauzi menyatakan dengan kenaikan BI Rate hingga mencapai 7,5 persen maka jumlah defisit transaksi berjalan hingga akhir tahun akan berkurang menjadi 26 miliar dollar AS.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com