Kompas.com - 27/09/2013, 15:36 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Kementerian Perdagangan mengaku telah berulang kali meminta Kementerian Pertanian menyegerakan rekomendasi importasi 46.000 ekor sapi bakalan yang masih tertahan.

Wakil Menteri Perdagangan, Bayu Krisnamurthi mengatakan mengatakan tertahannya importasi sapi bakalan itu lantaran menunggu revisi Peraturan Menteri Pertanian (Permentan) No. 85 Tahun 2013.

Sebagai gambaran jika izin importasi keluar sebagaimana yang dijanjikan Kementan, sapi bakalan diperkirakan tiba sekitar November 2013. Penggemukan sapi di feedlotter memakan waktu sekitar tiga bulan. Artinya sapi siap potong sebelum Maret 2014.

"Selama ini kami di Kementerian Perdagangan yang dianggap seolah-olah pro impor. Kalau populasi ada ya enggak usah impor," jawab Bayu.

Sebagai informasi, pada sekitar bulan Maret baik 2012 maupun 2013 harga daging sapi tergolong tinggi. Pada Maret 2013 lalu, harga daging sapi berkisar antara Rp 91.000 - Rp 94.ooo per kilogram.

Kenaikan harga dipicu kurangnya pasokan sapi potong pasca Idul Adha 2012. Sementara itu, pada Maret 2012, harga daging sapi berkisar antara Rp75.000 - Rp 80.000.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.