Kompas.com - 27/09/2013, 19:59 WIB
Negara-negara anggota Asia Pacific Economic Cooperation (APEC). Negara-negara anggota Asia Pacific Economic Cooperation (APEC).
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Menteri Perdagangan, Bayu Krisnamurthi menyebut bahwa konferensi tingkat tinggi Asia Pacific Economic Coorperation (APEC), Oktober 2013 merupakan ajang liberalisasi ekonomi.

"Memang kalau kita lihat ekspor kita (ke negara anggota APEC) sebesar 139,8 miliar dollar AS. Kita harus jaga betul itu. Kalau disebut liberalisasi mungkin ada benarnya," kata dia di kantor Kementerian Perdagangan, di Jakarta, pada Jumat (27/9/2013).

Kendati demikian, yang terpenting adalah pasar produk Indonesia ke negara anggota APEC semakin terbuka lebar, dan bukan sebaliknya. Hal ini lantaran ada indikasi yang menunjukkan beberapa negara melakukan proteksi perdagangan.

"Amerika Serikat dengan kebijakan mereka melarang rokok kretek, udang, dan kebijakan terkait biofuel membuat negara anggota APEC bahkan yang dikenal paling liberal ada kecenderungan memberikan proteksi," kata dia.

Dengan adanya defisit, 7 miliar dollar AS, Indonesia harus mengekspor lebih banyak lagi. Ekspor ke negara anggota APEC berkontribusi sebesar 70 persen dari total ekspor Indonesia.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.