Kompas.com - 01/10/2013, 19:50 WIB
Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofjan Wanandi Kompas.com/Kurnia Sari AzizaKetua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Sofjan Wanandi
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Kalangan pengusaha mulai merasakan dampak kenaikan tarif dasar listrik (TDL). Oleh karena itu, mereka berharap PLN dan DPR untuk mengkaji lagi rencana kenaikan TDL tahun depan.

Bahkan Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo), Sofjan Wanandi menyatakan, seharusnya pemerintah menaikkan TDL untuk konsumen rumah tangga.

"Yang perlu dinaikan tentu seharusnya rumah tangga. Itu yang dinaikan. Jangan industri yang mensubsidi rumah tangga yang jumlahnya 40 juta. Sampai sekarang mereka tidak naik-naik," kata Sofjan ditemui di Kantor Kementerian Perdagangan, di Jakarta, Selasa (1/10/2013).

Menurut Sofjan, kenaikan 10-15 persen sepanjang tahun ini cukup memukul kalangan atau pelaku industri.

Sebagai informasi, Oktober 2013 ini, merupakan periode terakhir dari kebijakan kenaikan TDL. "Tentu ini akan memberatkan, hanya kita juga bernegosiasi untuk kenaikan tahun depan. Kenaikan TDL tahun depan bisa mengganggu daya saing produk kita atas produk luar negeri," katanya.

Pemerintah kembali menaikkan TDL rata-rata 4,3 persen mulai Oktober 2013. Sehingga terhitung dari 1 Januari 2013, pemerintah memberlakukan kenaikan TDL 15 persen, kecuali bagi golongan pelanggan berdaya rendah 450 volt ampere (VA) dan 900 VA.

Sementara itu, 4 golongan konsumen yang dicabut subsidi listriknya yakni kelompok rumah tangga berdaya 6.600 VA ke atas, golongan pelangan bisnis dengan daya 6.600 VA-200 kilovolt ampere (KVA) dan kelompok pelanggan bisnis dengan daya di atas 200 KVA. Gedung-gedung pemerintahan dengan daya 6.600 VA - 200 KVA juga termasuk yang dicabut subsidi listriknya.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.