Kompas.com - 02/10/2013, 15:51 WIB
Ilustrasi: Lembaga Penjamin Simpanan KONTAN/BAIHAKIIlustrasi: Lembaga Penjamin Simpanan
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Kepala Eksekutif Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) Mirza Adityaswara menyatakan pihaknya ingin menjamin simpanan nasabah perbankan yang memiliki dana kecil.

Menurut Mirza, nilai penjaminan simpanan nasabah maksimal Rp 2 miliar yang selama ini diberlakukan terlalu besar dan sifatnya memberatkan. Sebelumnya, jaminan yang diberikan maksimal senilai Rp 100 juta.

"LPS menjamin sampai Rp 2 miliar sebenarnya terlalu besar. Karena semangat LPS (adalah) menjamin yang kecil. Yang kecil itu kan buta akan transaksi neraca perbankan. Itulah yang dijamin," kata Mirza dalam Seminar Hukum "Peran Lembaga Penjamin Simpanan dalam Penyelamatan Bank Gagal" di Hotel Four Seasons, Rabu (2/10/2013).

Lebih lanjut Mirza menjelaskan sejak didirikan pada tahun 2005 silam hingga tahun 2008, LPS masih menjamin simpanan Rp 100 juta per nasabah. Setelah itu, penjaminan diubah menjadi Rp 2 miliar.

Mirza menyatakan LPS di Indonesia adalah lembaga penjamin yang menjamin simpanan tertinggi di dunia. "Penjaminan Rp 2 miliar itu termasuk yang tertinggi di dunia," katanya.

Mirza berharap ke depan akan ada perubahan besaran penjaminan. Hal ini karena idealnya LPS menjamin dana nasabah sesuai dengan rata-rata produk domestik bruto (PDB) Indonesia, yakni maksimum sekitar Rp 50 juta.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.