Kompas.com - 03/10/2013, 11:14 WIB
Wakil Menteri Pertanian Rusman Heriawan, usai membuka workshop Bahan Bakar Nabati di Jakarta, Rabu (18/9/2013). KOMPAS.com/ESTU SURYOWATIWakil Menteri Pertanian Rusman Heriawan, usai membuka workshop Bahan Bakar Nabati di Jakarta, Rabu (18/9/2013).
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS - Konsumsi unggas utamanya daging ayam dan telur masyarakat Indonesia masih rendah. Hal itu disampaikan Wakil Menteri Pertanian Rusman Heriawan, saat membuka International Livestock and Dairy Expo (ILDEX) Indonesia 2013, di Grha Niaga, JIExpo Kemayoran, Jakarta, Kamis (3/10/2013).

"Pameran ini diharapkan menjadi sarana yang bagus untuk mempromosikan unggas, khususnya ayam dan telur," kata Rusman.

Rusman mengatakan, konsumsi daging ayam masyarakat Indonsia baru 7,6 kg per kapita per tahun. Sementara konsumsi telur baru 90 butir per kapita per tahun. "Artinya orang Indonesia makan telur setiap 4 hari sekali. Ini minim sekali," kata dia.

Ketua ILDEX Indonesia 2013, Fitri Nursanti mengatakan, pameran ini telah diselenggarakan di beberapa negara sejak 2006, antara lain ILDEX Vietnam, ILDEX India, dan ILDEX China. Ini menjadi penyelenggaraan pertama di Indonesia.

"Pameran ILDEX Indonesia 2013 sifatnya customized dan disesuaikan dengan kebutuhan negara setempat. Pameran ini diikuti 120 peserta dan 19 negara termasuk Indonesia," kata Fitri dalam sambutannya.

Ketua Federasi Masyarakat Perunggasan Indonesia (FMPI), Don P Utoyo mengatakan, pameran ILDEX 2013 merupakan lanjutan dari Festival Ayam dan Telur (FAT) 2013. "Kita inisiasi ini, diharapkan komoditas peternakan jadi kontributor pembangunan pertanian," ucapnya.

Turut hadir dalam pameran tersebut, Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama. Dalam kesempatan tersebut ia berharap dengan adanya ILDEX 2013, Jakarta tidak hanya jadi kota eksibisi tapi inspirasi. Lanjut dia, khususnya dalam mencapai swasembada daging ayam dan telur.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Tapi tidak mungkin investasi dilakukan di Jakarta, harus di geser. Harus ada pusat logitik, yang bisa menjamin sembako di Jakarta bisa terjaga," kata dia.

Dalam kesempatan tersebut, hadir pula Wakil Menteri Perdagangan, Bayu Krisnamurthi.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.