Kompas.com - 06/10/2013, 22:02 WIB
Etihad Airways SHUTTERSTOCK/SPACEKRISEtihad Airways
EditorErlangga Djumena

MUMBAI, KOMPAS.com - Pemerintah India menyetujui rencana pembelian 24 persen saham Jet Airways senilai 379 juta dollar AS oleh perusahaan penerbangan Etihad Airways.

Kesepakatan soal ini sebenarnya telah disampaikan pada bulan April lalu namun memunculkan kontroversi terkait siapa pihak yang akan mengendalikan operasi perusahaan itu setiap harinya.

Ini merupakan investasi luar negeri pertama di sektor tranportasi udara sejak aturan tentang pembatasan kepemilikan mulai dilonggarkan tahun lalu.

Kebijakan Pemerintah India mengatakan saat ini perusahaan asing bisa menguasai hingga 49 persen saham perusahaan penerbangan lokal.

Hal ini tentu saja mendorong sejumlah kesepakatan bisnis baru di di bidang penerbangan.

Sejumlah perusahaan penerbangan seperti Singapore Airlines dan AirAsia juga telah mengumumkan rencana untuk memasuki pasar India. Keduanya telah mengumumkan kerjasama dengan perusahaan India, Grup Tata. (Dyah Megasari)Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.