Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

APEC Gandeng Negara Kepulauan Pasifik Tangani Perubahan Iklim

Kompas.com - 08/10/2013, 11:14 WIB
Didik Purwanto

Penulis


NUSA DUA, KOMPAS.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) pada hari ini, Selasa (8/10/2013) pukul 09.00 WITA memimpin Informal Conversation negara-negara yang tergabung dalam APEC dengan negara-negara di Kepulauan Pasifik.

Dalam pertemuan tersebut, negara Kepulauan Pasifik yang hadir di antaranya adalah Fiji, Solomon, Kiribati dan Kepulauan Marshal. Mengawali pertemuan tersebut, Presiden SBY menyampaikan, hubungan dan kerja sama yang terjalin antara Negara anggota APEC dengan Negara Kepulauan Pasifik terfokus dalam menangani perubahan lingkungan (climate change), ataupun bencana alam yang sering terjadi di kawasan ini.

Oleh karena itulah, APEC mengundang negara di Kepulauan Pasifik ini untuk melaksanakan pertemuan informal dengan menyampaikan pandangan dan pemikiran beliau yang tentu akan ada manfaatnya bagi kerja sama yang lebih luas.

“Pertemuan pada pagi hari ini, tentunya akan memberikan pengaruh kepada dua hal yakni kerja sama intra APEC maupun kerja sama non-APEC dengan negara di Asia Pasifik ini,” kata Presiden SBY di Bali International Convention Center (BICC) Nusa Dua, Selasa (8/10/2013).

Setelah menyampaikan pengantar, Presiden SBY memberikan kesempatan kepada masing-masing negara Kepulauan Pasifik untuk menyampaikan pendapatnya. Setelah itu, Presiden SBY akan memberikan kesempatan kepada perwakilan dari negara APEC untuk menyampaikan pendapatnya, di antaranya adalah Perdana Menteri Papua Nugini, Presiden Korea, Menteri Luar Negeri Peru, dan Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry.

Dalam salah satu perwakilannya, Presiden Republik Kiribati, Anote Tong, menyampaikan terima kasih dengan kesempatan yang diberikan para pemimpin APEC. Mereka menyadari bagaimana pentingnya pertemuan antara negara APEC dan Pasifik dalam menangani masalah climate change. Kontribusi yang diberikan berupa konsep dan ide mengenai pengembangan, development and equity dalam penanganan lingkungan.

Setelah agenda pertemuan ini, Presiden SBY akan mengikuti APEC Economic Leaders Meeting Retreat II di Plaza Hotel Sofitel yang dilanjutkan dengan APEC Leaders Working Luncheon sampai dengan pukul 13.30 WITA.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com