Pemimpin APEC Sepakat Akselerasi Pencapaian "Bogor Goals"

Kompas.com - 08/10/2013, 14:34 WIB
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan para pemimpin APEC melakukan sesi foto bersama di halaman Ruang Gamelam, Hotel Sofitel, di kawasan Nusa Dua, Bali, Selasa (8/20/2013). CAHYO/PRESIDENRI.GO.IDPresiden Susilo Bambang Yudhoyono dan para pemimpin APEC melakukan sesi foto bersama di halaman Ruang Gamelam, Hotel Sofitel, di kawasan Nusa Dua, Bali, Selasa (8/20/2013).
EditorErlangga Djumena

NUSA DUA, KOMPAS.com -Para Pemimpin KTT Forum Kerja Sama Asia Pasifik pada Selasa menyepakati perlunya upaya akselerasi dalam pencapaian "Bogor Goals" yang ditetapkan pada KTT APEC di Bogor pada 1994.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang menyampaikan hasil Putaran KTT APEC yang berlangsung pada 1-8 Oktober di Nusa Dua, Bali, menyampaikan bahwa komitmen para pemimpin ekonomi APEC tersebut akan sejalan dengan keterlibatan dan saling membuka kesempatan dari seluruh pihak.

"Dalam diskusi yang cukup panjang, kami telah menyepakati sejumlah poin strategis, kami memiliki pandangan yang sama bahwa seluruh ekonomi APEC harus dapat meraih keuntungan yang sama dari Kerja Sama antara ekonomi APEC," kata Presiden yang didampingi 21 pemimpin ekonomi APEC, Selasa (8/10/2013).

Bogor Goals adalah kesepakatan yang dirumuskan dalam pertemuan APEC di Indonesia pada 1994 lalu. Bogor Goals menjadi salah satu agenda utama yang dibahas dalam Putaran KTT APEC 2013 di Bali.

Tujuan-tujuan dalam Bogor Goals yang harus dicapai pada 2020 mendatang, meliputi liberalisasi perdagangan dan investasi, fasilitasi bisnis, serta kerja sama ekonomi dan teknis.

Di antara kesepakatan tersebut adalah dukungan terhadap penyelesaian Putaran Doha, peningkatan efisiensi rantai logistik sampai 10 persen, dan implementasi pengurangan hambatan barang-barang ramah lingkungan pada 2015.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


Sumber Antara
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.