Kompas.com - 08/10/2013, 14:35 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Indonesia mendorong negara-negara ekonomi APEC melakukan pendekatan geografis guna menyukseskan konferensi tingkat menteri (KTM) Organisasi Pedagangan Dunia (WTO) di Bali, Desember 2013.

"Salah satu usulan saya adalah agar anggota APEC melakukan pendekatan geografis, Chile, Meksiko, Peru misalnya dapat menggalang dukungan di kalangan negara-negara Amerika Latin, atau Indonesia sendiri yang bisa melakukan pendekatan pada India atau Republik Rakyat Tiongkok (RRT) yang punya pengaruh di kawasan Afrika bisa meyakinkan mereka bersikap proaktif atas perundingan Bali," kata Gita Wirjawan di Nusa Dua Bali, Selasa (8/10/2013).

Pertemuan pemimpin ekonomi APEC adalah kesempatan penting menggalang kekuatan APEC untuk menyukseskan KTM Bali yang akan digelar dua bulan lagi. Kesepakatan Bali diharapkan akan jadi kunci pembuka kebuntuan perundingan Putaran Doha selama beberapa tahun terakhir.

"Para Pemimpin APEC sepakat ktm WTO di Bali Bulan Desember mendatang harus berhasil sebagai batu loncatan untuk menyelesaikan Perundingan Putaran Doha," kata Gita.

Oleh karenanya, Gita mengatakan, para pemimpin APEC harus saling mengingatkan perlunya anggota WTO lebih pro-aktif dalam perundingan di WTO, lebih fleksibel dalam berbagai isu runding dan bersikap pragmatis.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Sumber Antara
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.