Pertumbuhan Ekonomi RI Diperkirakan 5,6 Persen pada Kuartal III

Kompas.com - 08/10/2013, 16:58 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Indonesia (BI) memperkirakan pertumbuhan ekonomi hingga kuartal III-2013 sebesar 5,6 persen. Sepanjang 2013, BI juga memperkirakan pertumbuhan ekonomi sebesar 5,5-5,9 persen.

Gubernur BI Agus Martowardojo mengatakan, pencapaian itu akan sejalan dengan pelemahan ekonomi global yang masih berlanjut. Apalagi, kinerja perekonomian domestik juga menunjukkan kecenderungan perlambatan.

"Perekonomian domestik diperkirakan tumbuh 5,6 persen di kuartal III-2013 dan untuk 2013 masih berada pada kisaran 5,5-5,9 persen," kata Agus saat konferensi pers di Gedung BI Jakarta, Selasa (8/10/2013).

Sementara itu, kinerja ekonomi global yang masih melambat dan pergerakan harga komoditas yang masih cenderung menurun, mendorong masih terbatasnya kinerja ekspor.

Agus menambahkan, konsumsi rumah tangga dan investasi diperkirakan masih tertekan sebagai dampak dari menurunnya daya beli akibat tingginya tekanan harga pasca kenaikan harga BBM bersubsidi.

Sementara itu, kinerja perekonomian nasional diperkirakan akan membaik pada tahun 2014. Hal ini sejalan dengan perekonomian global dan harga komoditas yang diperkirakan membaik. "Secara keseluruhan, perekonomian Indonesia diperkirakan tumbuh lebih tinggi mencapai 5,8 - 6,2 persen," tambahnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.