Kompas.com - 08/10/2013, 20:13 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah Indonesia mengkaji kerja sama trilateral dengan pemerintah Amerika Serikat (AS) serta salah satu negara lain, yang hingga saat ini masih dikaji.

Menteri Luar Negeri, Marty Natalegawa menyatakan rencana kerja sama trilateral tersebut tengah dibicarakan dengan Menteri Luar Negeri AS John Kerry di Hotel Sofitel, Bali sore ini."Saat ini, kami sedang menyusun suatu kerangka kerja sama tiga negara," tutur Marty dalam siaran pers, Selasa (8/10/2013).

Selama ini, papar Marty, Indonesia telah memperkenalkan kerja sama trilateral ini di hadapan Perserikatan Bangsa-Bangsa, khususnya di bidang peningkatan kapasitas, pemerintahan, Hak Asasi Manusia (HAM), dan demokrasi dengan berbagai negara.

Lebih rinci, kerja sama trilateral ini tengah dirintis Indonesia dengan pemerintah Kanada, dan saat ini juga dengan pemerintah AS. Salah satu mitra ketiganya yang tengah dikaji adalah Myanmar.

Nantinya, kerja sama trilateral usulan Indonesia ini akan fokus pada kerja sama komprehensif atau kemitraan. Di dalamnya ada kerja sama bidang ekonomi, perdagangan dan investasi, serta people to people.

Dalam waktu dekat, pemerintah Indonesia dan AS akan membentuk komisi bersama tingkat Menlu untuk membahas semua permasalahan antara kedua negara dan rencananya pertemuan tersebut akan berlangsung di Bali. (Noverius Laoli)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


Video Pilihan

Sumber Kontan
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.