Pentingnya Implementasi "Branchless Banking" di Indonesia

Kompas.com - 09/10/2013, 11:35 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTCOK.COMIlustrasi
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Wakil Ketua Umum Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) Isbandiono Subandi mengatakan, Indonesia berkepentingan untuk mengimplementasikan layanan branchless banking.  Hal ini untuk meningkatkan akses masyarakat terhadap perbankan.

"Branchless banking penting karena sebagian besar daerah di Indonesia sudah terakses jaringan telepon," kata Isbandiono dalam Seminar Nasional "Peluang & Tantangan Implementasi Branchless Banking di Indonesia" di Jakarta, Rabu (9/10/2013).

Isbandiono menjelaskan, branchless banking adalah jaringan distribusi yang digunakan untuk memberi layanan finansial di luar kantor-kantor cabang bank melalui teknologi dan jaringan alternatif dengan biaya efektif, efisien, dan dalam kondisi yang aman dan nyaman.

"Sekarang kan masyarakat yang punya ponsel jumlahnya banyak sekali. Itu bisa dimanfaatkan untuk layanan branchless banking," ujarnya.

Tujuan branchless banking, lanjut Isbandiono, antara lain mendorong transaksi keuangan yang lebih aman, dan mencegah money laundering. "Target akhirnya adalah perluasan akses dalam layanan keuangan," ujarnya.

Lebih lanjut, Isbandiono mengatakan, salah satu alasan pentingnya implementasi layanan branchless banking adalah masih rendahnya akses masyarakat terhadap layanan jasa keuangan formal. Indonesia, bila dibanding negara sekawasan, memiliki persentase akses layanan jasa keuangan yang rendah.

"Rasio orang dewasa Indonesia yang bertransaksi di bank hanya 19,6 persen. Sementara itu, Malaysia jauh di atas kita dengan 66,7 persen dan Filipina 26,5 persen," ujarnya.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Pengimplementasian layanan branchless banking menurutnya memang tidak mudah, khususnya dalam hal sosialisasi. Layanan ini, lanjutnya, harus menyasar ke masyarakat yang benar-benar belum terakses layanan keuangan formal (unbanked). "Yang penting dalam layanan branchless banking adalah layanan harus dipastikan cepat dan aman," tandasnya.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.