Obama Gelar Pertemuan dengan Palemen AS, Bursa Tokyo Dibuka Menguat

Kompas.com - 10/10/2013, 08:08 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko

TOKYO, KOMPAS.com - Bursa Tokyo dibuka menguat 0,43 persen pada perdagangan hari ini, Kamis (10/10/2013) lantaran nilai tukar yen masih melemah terhadap dollar AS serta merespon pertemuan antara pejabat Gedung Putih dengan anggota Kongres AS untuk mengatasi masalah anggaran pemerintah.

Indeks Nikkei 225 ikut menguat 59,78 poin menjadi 14.097,62 pada awal pembukaan. "Sinya dibukanya dialog mengenai anggaram muncul dari Washington, dan sedikit memberikan sinyal positif bagi pasar," ujar Hiroichi Nishi dari SMBC Nikko Securities.

"Pembicaraan mengenai penaikan plafon utang untuk jangka pendek adalah langkah pertama yang bisa dilakukan untuk memecah kebuntuan pembahasan mengenai anggaran. Namun, sejak pekan lalu hingga saat ini belum ada hasilnya," lanjut Nishi.

Presiden AS Barack Obama pada Rabu kemarin telah mengundang anggota parlemen dari Partai Republikan dan partai Demokrat ke Gedung Putih untuk membahas kemungkinan dihentikannya kebuntuan pembahasan anggaran yang menyebabkan pemerintahan AS terhenti.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.