Jalan Tol Atas Laut Jakarta-Surabaya Brilian, tetapi...

Kompas.com - 10/10/2013, 15:08 WIB
Foto udara proyek pembangunan Jalan Tol Nusa Dua-Ngurah Rai-Benoa, Bali di atas laut dangkal, Jumat (10/5/2013). Proyek Jalan tol sepanjang 12 kilometer dengan nilai investasi sebesar Rp 2,48 triliun tersebut guna mendukung penyelenggaran Forum Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik yang akan digelar di Nusa Dua, Oktober 2013. KOMPAS/PRIYOMBODOFoto udara proyek pembangunan Jalan Tol Nusa Dua-Ngurah Rai-Benoa, Bali di atas laut dangkal, Jumat (10/5/2013). Proyek Jalan tol sepanjang 12 kilometer dengan nilai investasi sebesar Rp 2,48 triliun tersebut guna mendukung penyelenggaran Forum Kerja Sama Ekonomi Asia Pasifik yang akan digelar di Nusa Dua, Oktober 2013.
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com — Rencana Menteri BUMN Dahlan Iskan untuk membangun jalan tol atas laut Jakarta-Surabaya sepanjang 800 km dinilai brilian. Namun, masih banyak yang harus diperhatikan.

"Barangkali ini satu ide yang menarik. Terus terang, saya belum mengkaji (tentang hal itu)," kata mantan Menteri BUMN Tanri Abeng kepada wartawan dalam forum Mengurai Stagnasi Inovasi Berbasis Litbang di Indonesia, Kamis (10/10/2013).

Yang jelas, lanjut Tanri, penting untuk dipikirkan apa yang ingin dicapai. Di samping itu, harus dipastikan pula apakah sumber daya pendukungnya cukup atau tidak. "Kalau sudah dipikirkan sumber dayanya cukup atau tidak, bisakah membangun, saya kira ini ide yang brilian. Itu yang harus dipikirkan," ungkap Tanri.

Tanri juga mengatakan, proyek ini harus benar-benar dipikirkan dan dikaji, antara lain keuntungannya. "Saya belum lihat. Idenya barangkali bagus," tambahnya.

Tanri mengatakan, proyek jalan tol 800 km ini bisa lebih dari sekadar mimpi asalkan ada proses perencanaan yang matang. "Memang kerja besar harus dimulai dari mimpi. Tetapi, kalau tidak ada proses perencanaan yang matang, strategi, struktur, dan skill-nya, ini tidak bisa menjadi kenyataan," tegasnya.

Sebelumnya, Kementerian BUMN telah menggalang 19 perusahaan milik negara untuk bersinergi membangun jalan tol di pinggir pantai yang membentang dari Jakarta hingga Surabaya.

Beberapa BUMN telah menandatangani studi kelaikan proyek jalan tol atas laut Jakarta-Surabaya itu, antara lain bank-bank BUMN, PT Krakatau Steel, PT Pelindo, Taspen, Jamsostek, dan sebagainya.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.