Kompas.com - 10/10/2013, 20:55 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com
– Para petani kedelai menyambut baik kenaikan Harga Beli Petani (HBP) kedelai sebesar Rp 7.400 per kilogram.  Namun mereka berharap ada jamian hasil panen mereka akan dibeli dengan nilai tersebut.

“Tadi banyak diskusi dengan petani, hampir semua petani menanyakan jaminan harga Rp 7.400 per kg. Kalau pemerintah bisa jamin Rp 7.400 per kg, petani akan sangat bergairah. Karena pintunya adalah harga yang kompetitif,” kata Pemulia kedelai dari Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi Litbang Pertanian, Malang, Muchlish Adie kepada Kompas.com, Kamis (10/10/2013).

Menurutnya, hari ini ia bertemu dengan para petani Mataram, Nusa Tenggara Barat (NTB) dan membicarakan mengenai HBP tersebut.

Sebagai informasi, Kementerian Perdagangan (Kemendag) pada akhir September 2013, memutuskan HBP untuk kedelai sebesar Rp 7.400 per kg. HBP itu berlaku selama tiga bulan yaitu mulai Oktober hingga Desember 2013. Harga ini mengoreksi HBP lama sebesar Rp 7.000 per kg.

Menurut Muchlish, para petani juga mengkhawatirkan mengenai penghapusan bea masuk importasi kedelai dari menteri keuangan yang terbit tak berselang lama dengan kenaikan HBP.  Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan yang baru tersebut, bea masuk kedelai yang tadinya 5 persen, dihapuskan menjadi 0 persen.

“Betul, saya kira itu akan menjadi keresahan sendiri buat petani. Saya yakin pemerintah dalam kondisi darurat, kebutuhan sangat besar, sementara pasokan minim. Tapi ke depan akan ada regulasi lain, ditambah dengan HBP ini sebagai komitmennya,” katanya.

Ia berharap pemerintah mengeluarkan regulasi baru yang lebih menunjukkan keberpihakan kepada petani.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.