Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Jangan Takut "Shutdown" AS

Kompas.com - 10/10/2013, 21:08 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia (FE UI), Rhenald Kasali mengatakan, Indonesia jangan takut dengan penghentian (shutdown) beberapa  layanan pemerintah AS.

"Itu masalah kecil, kita saja yang berpikir itu masalah besar dengan kacamata Indonesia," kata Rhenald di Jakarta, Kamis (10/10/2013). Maka dari itu, ucap Rhenald, RI tidak perlu khawatir, kecuali bila ada dampaknya bagi hubungan RI-AS.

Rhenald mengatakan, shutdown di AS adalah permasalahan politik dalam negeri antara Partai Demokrat dan Partai Republik sehingga anggaran belum bisa disetujui. Namun, ia mengatakan biasanya shutdown tidak terjadi dalam waktu yang lama.

Di samping itu, Rhenald berpendapat ada perbedaan mengenai pengaturan anggaran. Di Indonesia, pemerintah pusat mengatur anggaran negara, sementara di AS setiap negara bagian memiliki wewenang sendiri dalam mengatur anggaran.

"Biasanya shutdown tidak bertahan lama. Tapi saya surprise ini masih terjadi sampai seminggu lebih," ujar Rhenald.

Bila shutdown di AS terjadi hingga sebulan, sebutnya, yang terkena dampaknya bukan hanya Indonesia tapi juga seluruh dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com