BI-Korea Kerjasama "Swap Agreement" Rp 115 Triliun

Kompas.com - 14/10/2013, 10:54 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Para Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral RI dan Korea menjalin kerjasama bilateral KRW/IDR swap agreement.

"Pada 12 Oktober 2013, para Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral dari Indonesia dan Korea mencapai kesepakatan untuk melakukan kerjasama bilateral KRW/IDR swap arrangement," kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Difi A Johansyah dalam siaran pers di Jakarta.

Menindaklanjuti kesepakatan tersebut, kedua bank sentral membentuk kerjasama KRW/IDR swap arrangement senilai KRW 10,7 triliun atau setara Rp 115 triliun (ekivalen 10 miliar dollar AS). Fasilitas tersebut akan berlaku efektif selama 3 tahun. Fasilitas itu pun dapat diperpanjang sesuai kesepakatan kedua belah pihak.

Bilateral Currency Swap Arrangement (BCSA) tersebut bertujuan untuk mempromosikan perdagangan bilateral dan memperkuat kerjasama keuangan yang bermanfaat bagi kedua negara. "Kedua belah pihak sepakat bahwa kerjasama ini akan berkontribusi secara positif terhadap stabilisasi pasar keuangan regional dan memperkuat kerjasama ekonomi serta keuangan bilateral untuk menghadapi ketidakpastian ekonomi global," ungkap Difi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.