Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bank Mandiri Diminta Mengakuisisi InHealth

Kompas.com - 17/10/2013, 14:58 WIB
Didik Purwanto

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan meminta PT Askes segera melepas anak usahanya, PT InHealth kepada Bank Mandiri. Hal ini terkait Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) diharuskan tidak boleh memiliki anak perusahaan.

"Jadi tadi malam rapat dengan Wakil Presiden, bahwa BPJS tidak boleh punya anak usaha. Makanya harus segera diproses Askes melepas InHealth. Jadi ini bisa dilepas ke Bank Mandiri atau siapapun yang berminat," kata Dahlan selepas Rapat Pimpinan BUMN di kantor Bank Mandiri Jakarta, Kamis (17/10/2013).

Maksud pemerintah agar BPJS tidak memiliki anak usaha karena BPJS ini harus berdedikasi terhadap pelayanan kesehatan dan bukan untuk semata-mata tujuan bisnis. Bahkan nantinya investasi BPJS juga akan dibatasi.

"Intinya sebelum 1 Januari 2014 mendatang, InHealth harus segera dilepas. Namun InHealth ini memang sudah siap dilepas sejak dulu," tambahnya.

Harapan Dahlan, dengan InHealth bisa dilepas ke Bank Mandiri, maka bank beraset terbesar ini bisa mengonsolidasikan aset InHealth ke Axa Mandiri, salah satu lini bisnis Bank Mandiri di sisi perusahaan asuransi.

Dengan aset yang tidak terlalu besar, maka proses akuisisi ini akan lebih mudah dilakukan. Bilapun dijual, maka prosesnya pun relatif gampang karena tidak ribet harus konsolidasi asetnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com