Naik Tajam, Harga Emas Dunia Tembus 1.300 Dollar AS Lagi

Kompas.com - 18/10/2013, 08:30 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
EditorErlangga Djumena


CHICAGO, KOMPAS.com —
Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange naik tajam pada Kamis (16/10/2013) waktu setempat, (Jumat pagi WIB), setelah Kongres AS meloloskan kesepakatan utang sementara pada Rabu malam untuk mengakhiri penutupan pemerintah dan menaikkan batas utang negara.

Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Desember naik 40,7 dollar AS, atau 3,17 persen, menjadi ditutup pada 1.323 dollar AS per ounce.

Pada Rabu malam (16/10/2013), Kongres AS meloloskan kesepakatan yang akan membiayai pemerintah hingga 15 Januari dan menaikkan plafon utang hingga 7 Februari sehingga menghindari default (gagal bayar) utang dan menempatkan pemerintah kembali bekerja setelah penutupan kegiatan (shutdown) parsial selama 16 hari.

"Namun, perbaikan sementara belum membahas masalah mendasar, dan AS masih jauh dari keluar dari masalah pagu utang yang akan kembali pada Februari," kata para analis pasar.

Mereka memperkirakan, shutdown pemerintah telah menelan biaya hampir 24 miliar dollar AS bagi perekonomian. Federal Reserve mungkin tetap mempertahankan kebijakan moneter longgar untuk beberapa waktu, mungkin sampai Janet Yellen mengambil alih The Fed.

Sementara perak untuk pengiriman Desember naik 58,2 sen, atau 2,72 persen, menjadi ditutup pada 21,947 dollar AS per ounce. Platinum untuk pengiriman Januari naik 36,7 dollar AS, atau 2,62 persen, menjadi ditutup pada 1.434,9 dollar AS per ounce.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.