Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

OJK: Volatilitas Pasar Modal Semakin Berkurang

Kompas.com - 18/10/2013, 14:51 WIB
Didik Purwanto

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com
- Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menilai, meski kondisi keuangan global sedang dalam tekanan, volatilitas pasar modal di Indonesia semakin berkurang.  Ketua Dewan Komisioner OJK Muliaman Darmansyah Hadad mengatakan, pihaknya terus memantau kondisi lembaga keuangan yang ada di bawahnya, baik dari pasar modal maupun lembaga keuangan non bank (LKNB).

"Kami melihat kondisi perdagangan di bursa, volatilitas semakin berkurang. Kami harap kondisi itu bisa sustain, sambil terus melihat kondisi perekonomian global," kata Muliaman selepas rapat Forum Koordinasi Stabilitas Sistem Keuangan (FKSSK) di kantor Kementerian Keuangan, Jakarta, Jumat, (18/10/2013).

Berdasarkan data dari statistik Bursa Efek Indonesia (BEI), Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada 7-11 Oktober mengalami kenaikan 2,97 persen. Sementara secara bulanan (September 2013) mengalami kenaikan 2,89 persen. Namun secara tiga bulanan, IHSG mengalami penurunan 10,43 persen dan secara enam bulan juga masih melemah 12,65 persen.

Sementara kondisi IHSG secara tahunan naik tipis 1,26 persen dan posisi year to date mengalami penurunan 0,01 persen. "Kita akan fokus ke pendalaman pasar modal, perkuat dan perbanyak investor domestik, makin banyak perusahaan listed dan terus menerapkan prinsip kehati-hatian (good corporate governance) di pasar modal," tambahnya.

Di sisi lain, OJK juga menganggap bahwa kondisi LKNB juga sudah membaik. Dalam catatan OJK, aset perusahaan asuransi hingga semester I-2013 mengalami kenaikan 2,4 persen menjadi Rp 630 triliun dan investasi perusahaan asuransi naik 1,61 persen menjadi Rp 522 triliun.

"Khusus di LKNB ini, kami akan mencukupkan likuiditas dan permodalan, manajemen resiko, GCG dan ini sebagai bagian dari pengawasan OJK," jelasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com