Pembelian Inter Milan Sisakan Catatan Miring bagi Rosan Roeslani

Kompas.com - 18/10/2013, 15:47 WIB
Rosan Roeslani KontanRosan Roeslani
EditorBambang Priyo Jatmiko

LONDON, KOMPAS.com — Masuknya Rosan Roeslani sebagai salah satu pemegang saham Inter Milan bersama Erick Thohir dan Handy Soetedjo menyisakan catatan miring bagi komunitas pasar.

Sebagaimana yang ditulis oleh editor ekonomi The Telegraph, Alistair Osborne. Dia menyatakan bahwa mantan CEO Berau Coal dan direktur Bumi Plc itu pernah diminta pertanggungjawabannya karena telah menghilangkan dana perusahaan sebesar 173 juta dollar AS.

"Ini tentunya menjadi sesuatu yang mengejutkan, ketika Rosan Roeslani, yang pernah menjabat sebagai direktur Bumi Plc pernah terlibat dalam penggelapan dana 173 juta dollar AS. Dan saat ini, dia kembali muncul saat membeli klub Inter Milan," tulis Osborne, pekan ini.

Alistair menyatakan bahwa pada Juni lalu, Roeslani telah menyetujui untuk mengembalikan dana sebesar 173 juta dollar AS dari total uang yang hilang mencapai 201 juta dollar AS ketika dia menjabat sebagai CEO Berau.

"Hingga saat ini Bumi Plc masih menunggu datangnya Mr Roeslani dengan membawa uang yang dijanjikan untuk dikembalikan," tulis Osborne.

Sebelumnya, perusahaan tambang Indonesia yang terdaftar di bursa efek London, Bumi Plc, telah menandatangani perjanjian dengan mantan direktur utama PT Berau Coal Energy Tbk guna mengembalikan sebagian besar  pengeluaran 201 juta dollar AS yang dinilai tidak memiliki tujuan bisnis jelas.

Rosan Roeslani, yang mengundurkan diri sebagai dirut Berau pada Januari tahun ini, telah setuju membayar 173 juta dollar AS secara tunai serta sejumlah aset kepada Berau dalam waktu 6 bulan terhitung sejak Juni.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara itu, hilangnya sisa uang sebanyak 28 juta dollar AS, terjadi sebelum Bumi Plc mengakuisisi 85 persen saham Berau.

Hingga saat ini, Kompas.com belum berhasil mengonfirmasi Rosan Roeslani.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.