Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Medco Hentikan Anak Usaha Produsen Ethanol

Kompas.com - 18/10/2013, 19:10 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) mengumumkan bahwa pihaknya telah menutup cucu perusahan, PT Medco Ethanol Lampung yang bergerak di bidang pengolahan dan produksi ethanol.

Lukman A. Mahfud, Direktur Utama MEDC menjelaskan Medco Ethanol Lampung merupakan perseroan yang dimiliki sepenuhnya MEDC melalui anak usaha perseroan PT Medco Downstream Indonesia.

"Perseroan telah menghentikan dan menutup kegiatan operasi kilang etanol pada 16 Oktober 2013 karena tidak cukupnya pasokan bahan baku yang berkesinambungan yaitu singkong dan tetes tebu," jelas Lukman dalam keterbukaan informasinya, Jumat (18/10/2013).

Menurut Lukman, dengan ditutupnya operasi kilang tersebut berarti MEDC tidak lagi memiliki unit usaha yang beroperasi di sektor hilir kecuali kepemilikan minoritas di PT Puma Medco Petroleum yang merupakan unit usaha penjualan dan distribusi high speed diesel.

Dengan demikian, PT Medco Downstream Indonesia dan anak-anak perusahannya tidak lagi beroperasi di sektor hilir.

Lukman juga menjelaskan dampak keuangan dari penghentian kegiatan operasi tersebut terhadap laporan keuangan tahun 2013 adalah perseroan akan melakukan reklasifikasi atas akun-akun anak perusahaan terdampak dalam laporan keuangan mengenai aset lancar yang dimiliki untuk dijual dan operasi yang dihentikan. (Oginawa R. Prayogo)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Kontan
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com