Kompas.com - 18/10/2013, 19:10 WIB
Kantor Medco Energi Cheppy A. Muchlis/KONTANKantor Medco Energi
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) mengumumkan bahwa pihaknya telah menutup cucu perusahan, PT Medco Ethanol Lampung yang bergerak di bidang pengolahan dan produksi ethanol.

Lukman A. Mahfud, Direktur Utama MEDC menjelaskan Medco Ethanol Lampung merupakan perseroan yang dimiliki sepenuhnya MEDC melalui anak usaha perseroan PT Medco Downstream Indonesia.

"Perseroan telah menghentikan dan menutup kegiatan operasi kilang etanol pada 16 Oktober 2013 karena tidak cukupnya pasokan bahan baku yang berkesinambungan yaitu singkong dan tetes tebu," jelas Lukman dalam keterbukaan informasinya, Jumat (18/10/2013).

Menurut Lukman, dengan ditutupnya operasi kilang tersebut berarti MEDC tidak lagi memiliki unit usaha yang beroperasi di sektor hilir kecuali kepemilikan minoritas di PT Puma Medco Petroleum yang merupakan unit usaha penjualan dan distribusi high speed diesel.

Dengan demikian, PT Medco Downstream Indonesia dan anak-anak perusahannya tidak lagi beroperasi di sektor hilir.

Lukman juga menjelaskan dampak keuangan dari penghentian kegiatan operasi tersebut terhadap laporan keuangan tahun 2013 adalah perseroan akan melakukan reklasifikasi atas akun-akun anak perusahaan terdampak dalam laporan keuangan mengenai aset lancar yang dimiliki untuk dijual dan operasi yang dihentikan. (Oginawa R. Prayogo)Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber Kontan
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.