DPR Curigai Langkah Dahlan Beli Peternakan di Australia

Kompas.com - 21/10/2013, 15:18 WIB
Sebuah peternakan sapi di Australia blogs.abc.net.auSebuah peternakan sapi di Australia
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Anggota Komisi IV DPR RI, Firman Subagyo mempertanyakan tujuan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan terkait rencanaya membeli peternakan di Australia.

"Apa tujuan mereka, jangan-jangan di balik itu ada permainan," ujarnya dalam rapat kerja dengan Kementerian Pertanian, di gedung parlemen, Jakarta, Senin (21/10/2013).

Firman mengklaim pemerintah sudah berpengalaman dengan hal-hal seperti itu. Ia mengatakan hal serupa juga terjadi di industri minyak dan gas bumi (migas), yang pada akhirnya tak mendukung swasembada, tapi justru membuat Indonesia ketergantungan impor.

"Kita pengalaman di migas, dari jaman ke jaman sudah kita ingatkan kenapa refinary tidak dibuat dalam negeri, akhirnya kita ketergantungan impor," kata dia.

Ia menambahkan, untuk mencapai swasembada, maka sektor hulu dan hilir harus ada di dalam negeri. Hal itu didasari alasan, jika suatu saat terjadi krisis pangan dunia, pasokan tetap aman.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.