Kompas.com - 22/10/2013, 08:03 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
EditorErlangga Djumena


CHICAGO, KOMPAS.com -
Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange berakhir lebih tinggi pada Senin (21/10/2013) waktu setempat, (Selasa pagi WIB). Kenaikan ketiga dalam empat sesi ini, karena pedagang bersiap untuk sepekan yang sibuk dengan laporan laba dan ekonomi.

Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman Desember naik 1,2 dollar AS, atau 0,09 persen, menjadi ditutup pada 1.315,8 dollar AS per ounce. Beberapa analis pasar yakin bahwa emas memulai pekan ini terutama karena tindak lanjut momentum reli pekan lalu.

Minggu ini, pasar keuangan akan memperhatikan rilis data penggajian (payroll) non pertanian AS pada Selasa, yang telah tertunda karena 16 hari penghentian kegiatan (shutdown) pemerintah.

Beberapa analis mengatakan, situasi pekerjaan adalah sebuan titik data penting bagi bank sentral AS, sementara Federal Reserve AS bersikeras bahkan pihaknya tidak akan berpikir tentang menaikkan suku bunga sampai tingkat pengangguran turun.

Ketua The Fed Chicago Charles Evans pada Senin mengatakan, bank sentral bisa mulai mengurangi laju program pembelian asetnya pada bulan Desember, tetapi akan membutuhkan beberapa data ekonomi yang baik sebelum bertindak, menurut laporan.

Program pelonggaran kuantitatif (QE) The Fed telah membantu mendukung harga emas karena cenderung menekan dolar AS dan dapat menyebabkan inflasi. Emas sering dianggap sebagai lindung nilai terhadap inflasi.

Sementara perak untuk pengiriman Desember naik 36,5 sen, atau 1,67 persen, menjadi ditutup pada 22,278 dollar AS per ounce.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.