Dahlan: Ada Tiga Hal Penyebab Listrik Sumatera Byar-Pet

Kompas.com - 22/10/2013, 10:04 WIB
Menteri BUMN, Dahlan Iskan TRIBUNNEWS/HERUDINMenteri BUMN, Dahlan Iskan
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com
 — Menteri Badan Usaha Milik Negara Dahlan Iskan mengatakan, terdapat tiga kondisi yang menyebabkan pasokan listrik di Sumatera Utara, Sumatera Barat, dan Riau turun drastis.

"Jadi, dari tiga peristiwa ini saja, kurangnya saja kira-kira 250 megawatt," kata Dahlan, di Jakarta, Senin (21/10/2013) malam.

Kondisi yang pertama, kata Dahlan, danau-danau di Sumatera kecuali Danau Toba, mulai mengering.  Debit air yang turun drastis, sebutnya, praktis membuat produksi listrik berkurang separuh dari biasanya.

"Terus, pembangkit listrik yang di Ombilin. Pembangkit listrik di Ombilin itu, kan, sedang pemeliharaan. Ini membuat kita kehilangan 160 megawatt. Dari dua ini saja sudah kehilangan ratusan megawatt," katanya mantan Dirut PLN ini.

Selain itu, pembangkit listrik yang berada di Belawan juga tengah masuki masa perawatan. Otomatis, lanjut Dahlan, pasokan listrik berkurang lagi 160 megawatt.

Untuk mengatasi byar-pet di wilayah Sumatera, untuk sementara pemerintah telah memasang sejumlah genset. Genset tersebut bakal mulai memasok listrik dalam dua minggu ke depan, menggantikan pasokan listrik yang hilang selama perbaikan.

Dahlan memperkirakan, perbaikan pembangkit listrik di Belawan dan Ombilin bakal selesai dalam waktu 1,5 bulan. Ia menambahkan, kini Sumatera mulai banjir. Artinya, dalam dua, tiga minggu, danau-danau yang turun debit airnya mulai naik.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Saya perkirakan genset ini digunakan kira-kira 6 bulan. Ini bersamaan dengan Belawan selesai, Ombilin selesai, dan danau-danau bisa naik lagi," katanya.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.