Enam Pembangkit Listrik Bakal Cukupi Kebutuhan Sumatera

Kompas.com - 22/10/2013, 11:31 WIB
Ilustrasi listrik KOMPAS / WAWAN H PRABOWOIlustrasi listrik
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara Dahlan Iskan mengatakan, setidaknya ada enam pembangkit listrik yang akan dibangun hingga lima tahun ke depan.

Ia mengklaim, keenam pembangkit itu dapat memenuhi kebutuhan listrik di Sumatera. Namun, ia mengakui kebutuhan listrik bakal terus bertambah. Sehingga, mau tak mau harus ada perencanaan pembangunan pembangkit listrik mulai dari sekarang.

"Listrik itu tahun ini cukup, tahun depan bisa enggak cukup. Medan saja pertumbuhan kebutuhan listriknya 100 megawatt. Berarti harus bangun yang baru," kata Dahlan di Jakarta, Senin (21/10/2013) malam.

Ia menuturkan, pembangkit listrik Sarulla paling cepat jadi dalam dua tahun ke depan. Pemangkit listrik di Asahan 3, bakal rampung tiga tahun mendatang. Sementara itu, pembangkit listrik di Takengon bakal beroperasi dua tahun lagi. Sedangkan pembangkit listrik pangkalan susu rampung tahun depan. "Teluk Sirih paling lama 6 bulan lagi, Meulaboh paling lama 6 bulan lagi," sebut Dahlan.

Meskipun pembangkit-pembangkit listrik itu bakal beroperasi dalam tempo kurang dari lima tahun, namun Dahlan mengatakan mungkin belum mencukupi. Ia menambahkan paling tidak ada tambahan pangkalan susu.

Dahlan memastikan perencanaan pembangunan pembangkit listrik harus baik. "Tidak hanya teknis, tapi apakah izin dikeluarkan tidak, pendanaannya siap tidak. Karena (proyek) itu triliunan semua," katanya.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.