Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Empat Menteri Perhubungan ASEAN Bahas Konektivitas

Kompas.com - 22/10/2013, 11:47 WIB
M Clara Wresti

Penulis


BANJARMASIN, KOMPAS.com - Empat menteri perhubungan negara-negara ASEAN, yakni dari Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, dan Filipina membahas konektivitas antar empat negara, di Banjarmasin, Selasa (22/10/2013).

Pembahasan konektivitas di wilayah sub-regional BIMP-EAGA (Brunei Darussalam, Indonesia, Malaysia, Philipines - East ASEAN Growth Area) dimaksudkan untuk meningkatkan hubungan dagang, investasi, dan pariwisata sehingga mendorong pertumbuhan ekonomi di keempat negara.

Konektivitas ASEAN secara keseluruhan dan penegasan pentingnya kemajuan konektivitas untuk pengembangan ekonomi guna penyempitan kesenjangan pembangunan di negara-negara BIMP-EAGA menjadi hal utama yang akan dibicarakan.

Dalam pertemuan ini para Menteri Transportasi membahas upaya-upaya untuk menyediakan pelayanan transportasi dalam mewujudkan konektivitas di kawasan BIMP-EAGA, guna menumbuhkan pariwisata, perdagangan, dan investasi. Sudah cukup banyak pencapaian yang dihasilkan di level kebijakan.

"Salah satunya seperti pelaksanaan Nota Kesepahaman (MoU) di bidang transportasi udara tentang Expansion of Air Linkages yang ditandatangani pada tahun 2007," kata Menteri Perhubungan EE Mangindaan.

MoU tersebut kemudian ditindaklanjuti dengan berbagai langkah nyata diantaranya dimulainya penerbangan perdana dari MASwings Malaysia antara Kota Kinabalu, Malaysia dan Balikpapan, Indonesia pada tanggal 1 Februari 2013 dan meningkatnya frekuensi penerbangan antara Tawau di Malaysia dan Tarakan di Indonesia dan antara Kuching di Malaysia dan Pontianak di Indonesia yang menjadi 7 sampai 10 kali seminggu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com