Kompas.com - 22/10/2013, 15:03 WIB
EditorErlangga Djumena


1. Uang pertanggungan yang sesuai seperti apa untuk saya? thanks
(Willy, 37 tahun)

Jawab:
Yth. Pak Willy,

Untuk menentukan Uang Pertanggungan (UP) sebaiknya disesuaikan dengan kondisi keuangan Pak Willy saat ini. Bagaiman cara merencanakannya?

Merencanakan UP bisa berdasarkan pendapatan (income) atau juga biaya rutin yg harus setiap bulan kita keluarkan dengan rumus sebagai berikut: (biaya rutin per bulan atau income per bulan) x 12 lalu dibagi dengan faktor bunga deposito per tahun saat ini. Maka dari hasil perhitungan itu bisa dijadikan tolok ukur kebutuhan UP Pak Willy.
Selamat merencanakan UP, Pak Willy.

2.  Asuransi jenis apa yang cocok saya ambil,apakah hanya insurance atau bersama simpanan?
(Renhardsilalahi, 47 tahun)

Jawab:

Yth. Bapak Renhard,

Untuk mengetahui jenis asuransi apa yang cocok buat bapak, sebaiknya Pak Renhard mengetahui kebutuhan yang disesuaikan dengan kondisi keuangan Pak Renhard saat ini karena pada dasarnya tujuan seseorang memiliki asuransi adalah untuk mengalihkan risiko kepada perusahaan asuransi.

Risiko apa saja? Untuk melindungi nilai ekonomis seseorang (income) sudah pasti kebutuhannya adalah asuransi jiwa (dengan merencanakan Uang Pertanggungan secara maksimal); asuransi kesehatan dimana tujuannya adalah untuk mengalihkan biaya perawatan/pengobatan apabila kita menderita suatu penyakit, terutama bila harus dirawat di rumah sakit mengingat biaya pengobatan di tidak murah; asuransi kecelakaan yang manfaatnya untuk menjaga kestabilan keuangan keluarga bila terjadi risiko cacat tetap total atau meninggal dunia karena kecelakaan; dan asuransi penyakit kritis yang manfaat berguna untuk menjaga kestabilan keuangan keluarga pada saat seseorang menderita sakit kritis dan harus berhenti bekerja, dimana kondisi income harus berhenti dan biaya pengobatan kemungkinan masih akan berlanjut.

Jadi silakan Pak Renhard mengali terlebih dulu prioritas kebutuhan saat ini dan menentukan pengalihan risiko yang mana. Minimal dari penjelasan tersebut di atas Pak Renhard bisa mengetahuinya.
Terima kasih.

Herline Purnamasari, RFA, QWP, AEPP
SM Financial Planner
PT Sun Life Financial Indonesia
letsplan1907@yahoo.com

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.