Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Karyawan Freeport "Fresh Graduate" Terima Gaji Rp 20 Juta Per Bulan

Kompas.com - 22/10/2013, 19:50 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com — Perjanjian kerja bersama (PKB) antara PT Freeport Indonesia (FI) dan Serikat Pekerja Freeport Indonesia menunjukkan kesepakatan untuk menaikkan gaji para pegawainya. Pegawai baru Freeport yang merupakan lulusan baru (fresh graduate) mendapat gaji Rp 20 juta, dan sudah mencakup berbagai macam tunjangan.

"Kalau take-home pay Rp 20 juta. Itu ada tunjangan produksi dan tunjangan lainnya," ujar Sudiro, Ketua Serikat Pekerja Freeport, Selasa (22/10/2013).

Sudiro menjelaskan, gaji pokok untuk jabatan paling bawah atau disebut karyawan pratama sudah mencapai Rp 8 juta. Selanjutnya gaji tersebut akan meningkat sesuai dengan jenjang karier.

"Secara keseluruhan, PT Freeport memiliki empat jenjang karier, yaitu pratama, muda, madya, dan utama," ungkap Sudiro.

Ketika ditanya mengenai gaji Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Rozik B Sucipto, Sudiro tidak bisa menjelaskannya. Pasalnya, jabatan presiden direktur tidak tercantum dalam empat jenjang karier PT Freeport Indonesia.

"Presiden direktur saya? tidak tahu berapa gajinya," ungkap Sudiro. (Adiatmaputra Fajar Pratama)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com