Karyawan Freeport "Fresh Graduate" Terima Gaji Rp 20 Juta Per Bulan

Kompas.com - 22/10/2013, 19:50 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com — Perjanjian kerja bersama (PKB) antara PT Freeport Indonesia (FI) dan Serikat Pekerja Freeport Indonesia menunjukkan kesepakatan untuk menaikkan gaji para pegawainya. Pegawai baru Freeport yang merupakan lulusan baru (fresh graduate) mendapat gaji Rp 20 juta, dan sudah mencakup berbagai macam tunjangan.

"Kalau take-home pay Rp 20 juta. Itu ada tunjangan produksi dan tunjangan lainnya," ujar Sudiro, Ketua Serikat Pekerja Freeport, Selasa (22/10/2013).

Sudiro menjelaskan, gaji pokok untuk jabatan paling bawah atau disebut karyawan pratama sudah mencapai Rp 8 juta. Selanjutnya gaji tersebut akan meningkat sesuai dengan jenjang karier.

"Secara keseluruhan, PT Freeport memiliki empat jenjang karier, yaitu pratama, muda, madya, dan utama," ungkap Sudiro.

Ketika ditanya mengenai gaji Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Rozik B Sucipto, Sudiro tidak bisa menjelaskannya. Pasalnya, jabatan presiden direktur tidak tercantum dalam empat jenjang karier PT Freeport Indonesia.

"Presiden direktur saya? tidak tahu berapa gajinya," ungkap Sudiro. (Adiatmaputra Fajar Pratama)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.