Kompas.com - 23/10/2013, 13:30 WIB
Ilustrasi SHUTTERSTOCKIlustrasi
EditorErlangga Djumena

Saya ingin berinvestasi buat biaya hidup dan kuliah S-2 saya dan sekarang saya masih jenjang S-1. Bagaimana caranya saya bisa berinvestasi yang aman dan tidak ada yang dirugikan satu sama lain?
(iyumie_joshie@yahoo.com )

Jawab:

Yth Bapak/Ibu Iyumie Joshie,
Wah… Bagus sekali di usia yang masih muda dengan status sebagai seorang mahasiswa, Anda sudah terpikir untuk mulai berinvestasi. Pada saat kita memutuskan untuk berinvestasi, sebaiknya kita tentukan dulu tujuan yang akan dicapai (saran: sebaiknya dihitung dengan tidak melupakan faktor inflasi) dan diketahui juga jangka waktunya.

Selain itu, pada saat kita memutuskan akan melakukan suatu investasi, tidak ada salahnya kita mengetahui profil risiko kita karena setiap orang memiliki profil yang berbeda-beda.

Ada tes untuk mengetahui profil risiko seseorang dan, biasanya, bila kita hendak melakukan investasi melalui suatu badan keuangan, akan ada tes ini. Dengan demikian, kita bisa mengenal profil risiko kita sendiri dan siap menghadapi risiko pada saat kita mulai berinvestasi.

Risiko berinvestasi bukan hanya risiko kerugian/keuntungan dalam bentuk uang. Risiko bisa juga dalam bentuk kesempatan atau waktu. Yang namanya kerugian sebenarnya bisa dikelola dengan cara, sebelum kita melakukan/memutuskan untuk berinvestasi, kita sudah tahu/sudah merencanakan/menghitung target investasi yang akan kita capai, dan jangka waktunya, disertai dengan profil risiko yang mampu kita toleransi.

Saran saya sebaiknya, rencanakan investasi dengan matang dengan memperhatikan hal-hal tersebut. Semoga bermanfaat.

Herline Purnamasari, RFA, QWP, AEPP
SM Financial Planner
PT Sun Life Financial Indonesia
email. letsplan1907@yahoo.com

 

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.