Kompas.com - 23/10/2013, 15:10 WIB
|
EditorErlangga Djumena

JAKARTA, KOMPAS.com
- Bancassurance adalah kerjasama pihak asuransi dan bank dalam mendistribusikan produk asuransi. Namun, apa kemudahan yang diperoleh dari bancassurance?

"Kemudahannya lebih kepada kemudahan dan kenyamanan bertransaksi. Contohnya dalam metode pembayaran yang dilakukan otomatis melalui rekening nasabah di bank tersebut, hal ini akan meminimalkan resiko keterlambatan pembayaran premi yang dapat berakibat polis menjadi lapse (di non-aktifkan)," kata Head of Alternative Distribution Channel PT Sun Life Financial Indonesia Evelyn Simanjuntak di Jakarta, Selasa (22/10/2013).

Di samping itu, sebut Evelyn, dalam proses penjualan, nasabah akan selalu ditemani oleh pihak bank sehingga proses pendekatan penjualan akan terasa nyaman. Biasanya penjual dari pihak asuransi akan dituntut untuk menerapkan pendekatan yang sama dengan standar bank tersebut sehingga diharapkan nasabah tak terganggu dan tetap nyaman.

"Biasanya bank-bank besar memiliki standar pelayanan yang sangat tinggi terhadap nasabah mereka dan biasanya bank akan meminta hal yang sama terhadap pihak asuransi dalam melayani nasabah mereka," ujarnya.

Mengenai klaim, Evelyn menjelaskan, umumnya pelayanan klaim sama dengan nasabah umum lainnya. Untuk nasabah bank, proses pengajuan klaim biasanya nasabah langsung berhubungan dengan pihak asuransi bagian klaim. Namun bila sulit menghubungi pihak asuransi secara langsung, maka biasanya nasabah akan meminta bantuan cabang bank untuk menghubungi asuransi agar membantu proses klaimnya.

"Khusus untuk nasabah asuransi jiwa kredit (credit life) biasanya melalui pihak bank dulu baru disampaikan ke pihak asuransi. Hal ini karena credit life melibatkan pinjaman kredit nasabah di bank tersebut," terang Evelyn.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.