Dahlan Iskan: Naik "First Class" dengan Biaya Sendiri

Kompas.com - 24/10/2013, 15:01 WIB
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan mengaku belum pernah naik penerbangan kelas pertama (first class) dalam perjalanan dinasnya.

"Selama saya jadi menteri, saya belum pernah naik first class. Saya selalu naik business class," kata Dahlan selepas rapat pimpinan BUMN di kantor Pelindo II Jakarta, Kamis (24/10/2013).

Alasan Dahlan enggan memakai first class adalah menjaga kesopan-santunan terhadap masyarakat yang ada. Di sisi lain, pemerintah memang tidak memperbolehkan para menteri menggunakan layanan penerbangan kelas satu.

Selama ini, Dahlan juga memakai biaya sendiri dalam perjalanan dinasnya, kecuali perjalanan dinas kementerian BUMN yang memang sudah diagendakan sebelumnya.

"Ini bukan sombong ya, saya kalau naik first class itu memakai biaya sendiri. Lalu saya pernah pakai business class sekali tapi dibiayai oleh kementerian. Itu sekali saja, saya benar-benar kecolongan," tambahnya.

Saat itu, Dahlan ada undangan dari mahasiswa di Beijing. Dahlan sudah dipesankan pesawat oleh jajaran Kementerian BUMN. Dahlan mengaku menyesal mendapat perlakukan tersebut karena itu bukan untuk kegiatan internal Kementerian BUMN. Dahlan pun mengembalikan dana tiket penerbangan itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.