Kompas.com - 25/10/2013, 14:03 WIB
Menteri Pertanian Suswono KOMPAS.COM/Sandro GatraMenteri Pertanian Suswono
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Pemerintah siap menggelar acara peringatan Hari Pangan Sedunia di Padang, Sumatra Barat pada 31 Oktober - 3 November 2013 mendatang.

Menteri Pertanian Suswono menjelaskan, tema yang diambil dalam peringatan tahun ini adalah "Optimalisasi Sumber Daya Lokal Melalui Diversifikasi Pangan Menuju Kemandirian Pangan dan Perbaikan Gizi Masyarakat".

"Peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) secara nasional dilaksanakan rutin setiap tahun sebagai wahana meningkatkan pemahaman, kepedulian serta menggalang kerjasama pihak-pihak terkait dalam meningkatkan sinergi menangani masalah pangan," katanya, Jumat (25/10/2013).

Menurut Suswono, tema itu diangkat karena RI memiliki kekayaan sumber daya pangan lokal dari berbagai sektor seperti pertanian, perikanan, kelautan, dan kehutanan.

"Sumber daya itu perlu dioptimalkan untuk mencapai kemandirian pangan dan percepatan perbaikan gizi masyarakat," ujar Suswono.

Lebih lanjut Suswono menjelaskan, tantangan ke depan yang harus dihadapi adalah kesiapan RI menuju kemandirian pangan dalam menyongsong Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015. Di samping itu, tantangan lain adalah bagaimana RI dapat meningkatkan nilai tambah bagi petani dan meningkatkan daya saing komoditas pertanian di sektor hilir.

Kegiatan ini, lanjut Suswono, tidak hanya melibatkan Kementerian Pertanian, namun juga beberapa kementerian terkait seperti Kementerian Kehutanan, Kementerian Kelautan dan Perikanan, Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Kesehatan, dan Bappenas.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.