Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kuartal III, Samsung Electronics Raup Laba Rp 85,8 Triliun

Kompas.com - 25/10/2013, 15:04 WIB

SEOUL, KOMPAS.com - Samsung Electronics mengumumkan laba bersih pada kuartal III-2013 tumbuh 25,6 persen, menjadi 8,24 triliun won atau 7,8 miliar dollar AS (sekitar Rp 85,8 triliun) dari periode yang sama tahun lalu 6,56 miliar.

Pencapaian laba bersih itu sekaligus memecahkan rekor baru yang dicatat oleh perusahaan tersebut pada kuartal sebelumnya, 7,7 triliun won.

"Meski diwarnai oleh anjloknya mata uang di negara-negara berkembang, semakin ketatnya kompetisi dan ketidakpastian pasar global, namun kami masih mampu mencatatkan kinerja yang menggembirakan, yang ditopang oleh bisnis inti yaitu memory chips dan smartphones," ujar Robert Yi, Senior Vice President and Head of Investor Relations Samsung Electronics.

"Meskipun kami memperkirakan permintaan masih mengalami kenaikan pada kuartal yang akan datang, namun kami masih tetap menghadapi ketatnya persaingan dan kondisi makro ekonomi," lanjut Yi.

Laba operasional perseroan pada akhir September lalu naik 26 persen year on-year menjadi 10,2 miliar won. Perolehan itu sesuai dengan perkiraan perseroan yang dirilis awal bulan ini.

Stagnannya penjualan produk Galaxy S smartphones berhasil ditutupi oleh kinerja penjualan smartphone lainnya besutanSamsung dengan harga yang lebih murah.

Sementara itu, penjualan produk semiconductor mengalami kenaikan 12 persen jika dibandingkan dengan kuartal sebelumnya menjadi 9,74 triliun won. Keuntungan dipanen Samsung dari penjualan memory chip yang menghasilkan pendapatan6,37 triliun won.

Para analis memperkirakan, Samsung berhasil menjual 85 juta-89 juta unit smartphones sepanjang kuartal III-2013, termasuk di dalamnya produk Galaxy S4 smartphone.

Oh Young-Bo, analis dari Hanmag Securities, menyatakan, kinerja perusahaan itu lebih baik dari yang diperkirakan, melalui penjualan smartphone segmen middle-end yang mampu menutupi penjualan dari segmen high-end.

"Ini merupakan sesuatu yang positif. Harga memory chip akan tetap tinggi dan penjualan DRAMs grafik akan menguat seiring dengan hadirnya Playstation Sony yang akan masuk ke pasar dalam waktu dekat ini," ujarnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com