Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mentan: Kunci Diversifikasi Pangan Ada di Pimpinan Daerah

Kompas.com - 25/10/2013, 15:18 WIB
Sakina Rakhma Diah Setiawan

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pertanian (Mentan) Suswono mengungkapkan kunci keberhasilan diversifikasi pangan ada di tangan pimpinan daerah.

Oleh karena itu, pada Peringatan Hari Pangan Sedunia tahun 2013 di Padang pekan depan, pemerintah akan memberikan penghargaan kepada kepala daerah yang berhasil mengampanyekan program diverisifikasi pangan.

"Akan diberikan penghargaan kepada 5 kepala daerah dan kelompok masyarakat yang gencar ikut mengkampanyekan diversifikasi pangan," kata Suswono di kantornya, Jumat (25/10/2013).

Pada kesempatan yang sama, Kepala Badan Ketahanan Pangan Pertanian Kementan Ahmad Suryana mengatakan pihaknya belum dapat menyebut kepala daerah yang akan memperoleh penghargaan itu.

Namun, ia bisa katakan mereka sangat aktif dalam kampanye diversifikasi pangan. "Para bupati dan walikota ini sangat aktif mengkampanyekan diversifikasi pangan dan sangat aktif mengembangkan pangan lokal. Ada yang berkampanye one day no rice. Ada juga kepala daerah yang punya prakarsa untuk mengembangkan pangan lokal menjadi pangan yang bisa bersaing dan bersanding dengan beras," ujarnya.

Selain kelima kepala daerah tersebut, kata Suryana, penghargaan juga akan diberikan kepada kelompok wanita, terutama dalam pengelolaan lahan pangan. "Mereka yang sangat aktif dan juga pengembangan pangan lokal di kelompoknya itu," jelasnya.

Seperti diberitakan, pada tanggal 30 Oktober hingga 3 November 2013 mendatang pemerintah akan mengadakan Peringatan Hari Pangan Sedunia di Padang, Sumatra Barat. Acara ini selain dihadiri oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, juga akan dihadiri oleh duta besar negara-negara sahabat dan perwakilan organisasi dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com