Kompas.com - 28/10/2013, 16:05 WIB
Ilustrasi proyek Antam KOMPAS/NASRULLAH NARAIlustrasi proyek Antam
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

SANGGAU, KOMPAS.com
- PT Antam Tbk mulai menguji coba pabrik pengolahan bijih bauksit menjadi produk Chemical Grade Alumina (CGA) yang berlokasi di Tayan, Kalimantan Barat. Fase uji coba itu dimulai 3 bulan lebih cepat dari jadwal yang direncanakan.

Peresmian uji coba pabrik pengolahan itu dihadiri oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Jero Wacik, Menteri BUMN Dahlan Iskan, dan Direktur Utama Antam Tato Miraza pada Senin (28/10/2013).

Menurut Tato, operasi komersial pabrik diharapkan dapat dimulai pada April 2014. "Commissioning pabrik CGA Tayan merupakan bukti Antam melaksanakan peningkatan nilai bagi para pemangku kepentingan," ujarnya.

Konstruksi pabrik CGA Tayan telah berjalan sejak 11 April 2011 dan akan mengolah cadangan bauksit Antam untuk memproduksi 300.000 ton CGA per tahun, dengan mengolah 850.000 wmt bijih bauksit tercuci per tahun.

Pabrik pengolahan CGA Tayan yang dikembangkan PT Indonesia Chemical Alumina (ICA) merupakan perusahaan patungan antara Antam dengan Showa Denko (SDK) Jepang.

Pada pabrik itu, Antam memegang 80 persen saham sedangkan 20 persen saham sisanya dipegang SDK. Pendanaan proyek berasal dari internal Antam dan SDK, pinjaman dari Japan Bank for International Cooperation (JBIC), Mizuho Bank Ltd dan Sumitomo Trust and Banking Ltd.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.