Menparekraf: Banyak Pengusaha UMKM yang Belum Bankable

Kompas.com - 28/10/2013, 20:50 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu. FRANSISKUS SIMBOLONMenteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Elka Pangestu.
|
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Mari Elka Pangestu menyatakan banyak pengusaha UMKM yang belum bankable atau tidak layak mendapatkan kredit.

"Banyak award yang biasanya diberikan oleh bank itu biasanya dibina sampai mereka itu bankable. Mungkin banyak dari mereka yang belum bankable. Pemerintah sebenarnya bisa masuk memberikan fasilitas di saat mereka belum bankable, bagaimana diasistensikan," kata Mari ketika ditemui di Penganugerahan Danamon Social Entrepreneur Award, Senin (28/10/2013).

Mari menjelaskan, bagi pengusaha yang tergolong pemula, yang terpenting adalah bagaimana mereka bisa memperoleh bantuan dari sedi modal, teknologi, dan asistensi. Bila pengusaha UMKM sudah bankable, lanjutnya, maka ia dapat diambil alih oleh perbankan.

"Ini langkah-langkahnya yang saya kira perlu kerjasama antara pemerintah dengan bank," lanjutnya.

Kemenparekraf sejauh ini telah bekerja sama dengan dua bank BUMN dan bank pembangunan daerah untuk memberi bantuan modal kerja untuk wirausaha. Pihaknya diminta untuk mencari pengusaha kreatif yang dapat dibina.

"Biasanya bank masuk dulu dengan PKBL-nya, bantuannya. Ini belum bankable soalnya. Sampai dibina, diadakan lomba, diajak ikut pameran sampai mereka itu sudah menuju bankable," jelasnya.

Begitu pengusaha yang dibina masuk ke kategori bankable, mereka dapat memperoleh kredit usaha rakyat (KUR) dan pinjaman dari bank.

"Kita seharusnya posisinya membantu yang belum bankable," kata Mari. Danamon Social Entrepreneur Award merupakan penghargaan yang diberikan Bank Danamon kepada wirausahawan yang selain dapat menjalankan bisnis dengan sukses juga mampu memberikan dampak yang positif terhadap masyarakat sekitar melalui kegiatan sosial.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.