Kompas.com - 29/10/2013, 15:50 WIB
Foto ilustrasi panen kelapa sawit. KOMPAS/IWAN SETIYAWANFoto ilustrasi panen kelapa sawit.
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Laba bersih PT Astra Agro Lestari Tbk (AALI) merosot sebesar 45,45 persen sepanjang Januari-September 2013, yang dipicu oleh anjloknya pendapatan bersih perseroan dari Rp 8,57 triliun menjadi Rp 8,32 triliun.

Dalam laporan keuangan kuartal III-2013, anak usaha Grup Astra ini mengantongi laba bersih sebesar Rp 910,9 miliar di sembilan bulan pertama tahun ini.

Jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu, jumlahnya turun dari sebelumnya Rp 1,67 triliun. Turunnya pendapatan ditambah tingginya beban perusahaan membuat laba bersih AALI tergerus.

Beban pokok pendapatan tercatat naik dari Rp 5,54 triliun menjadi Rp 6 triliun. Beban umum dan administrasi naik 5,96 persen menjadi Rp 409,3 miliar. Sementara itu, beban penjualan melonjak dari Rp 254,45 miliar menjadi Rp 339,9 miliar.

Depresiasi rupiah terhadap dollar AS pada beberapa waktu lalu, turut membuat beban perseroan bertambah. Hal ini tercermin dari rugi kurs yang harus ditanggung AALI mencapai Rp 335,33 miliar.

"Kurs pada tanggal pelaporan posisi keuangan konsolidasian adalah Rp 11.613," ujar Widya Wiryawan, Presiden Direktur AALI dalam penjelasan laporan keuangannya. (Amailia Putri Hasniawati)Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber Kontan
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.