Kompas.com - 31/10/2013, 18:13 WIB
Gedung Astra ASTRAGedung Astra
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com -  PT Astra International Tbk (ASII) membukukan penurunan laba pada akhir kuartal III-2013 sebesar 8 persen menjadi Rp 13,5 triliun.

Seiring dengan itu, pendapatan ASII pun turun tipis, sebesar 1 persen menjadi Rp 141,8 triliun. Dari enam lini bisnis yang dilakoni Astra, hanya dua yang mengalami kenaikan laba. Bahkan, divisi otomotif yang menjadi andalan mengalami penurunan laba sebesar 5 persen. Laba dari divisi ini sebesar Rp 6,9 triliun.

"Meskipun volume penjualan otomotif dalam kondisi baik, pendapatan perseroan masih dipengaruhi ketatnya kompetisi di pasar mobil," ujar Prijono Sugiarto, Presiden Direktur Astra International dalam pernyataan resminya, Kamis (31/10/2013).

Selanjutnya, laba divisi alat berat dan pertambangan juga merosot 23 persen menjadi Rp 2,1 triliun. Divisi agribisnis yang diwakili PT Astra Agro Lestari Tbk (AALI) pun mengalami keterpurukan akibat longsornya harga minyak sawit mentah (CPO). Laba bersih divisi ini anjlok 45 persen menjadi Rp 726 miliar.

Demikian juga dengan laba divisi infrastruktur dan logistik pun turun 28 persen menjadi Rp 339 miliar. Kenaikan laba dua divisi bisnis, yakni jasa keuangan dan teknologi informasi (TI)  tidak mampu menopang laba bersih Grup yang dibangun oleh mendiang William Soeryadjaya ini.

Laba bisnis jasa keuangan Astra mengalami peningkatan 17 persen pada akhir September 2013 dibanding periode yang sama tahun lalu menjadi Rp 3,3 triliun. Adapun, divisi TI naik 23 persen year-on-year menjadi Rp 101 miliar. (Amailia Putri Hasniawati)Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber Kontan
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.