Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jual Anak Usaha, Laba META Melonjak 310 persen

Kompas.com - 01/11/2013, 19:23 WIB

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Nusantara Infrastructure Tbk (META) sepanjang Januari-September 2013 membukukan laba bersih sebesar Rp 111,74 miliar atau meningkat 310 persen jika dibandingkan periode sama tahun 2012 sebesar Rp 27,25 miliar.

Kenaikan laba bersih itu sebagian besar dikontribusi oleh penjualan keuntungan penjualan saham anak usaha, yaitu PT Margautama Nusantara (MUN) sebesar Rp 114 miliar.

Di sisi lain, perseroan juga mencatatkan peningkatan pendapatan sebesar 10,36 persen dari Rp 199,56 miliar menjadi Rp 220,24 miliar. Dalam periode tersebut, aset Nusantara Infrastructure mengalami kenaikan dari Rp 1,98 triliun menjadi Rp 2,49 triliun.

General Manager Corporate Affairs Nusantara Infrastructure Deden Rochmawati mengatakan, perekonomian nasional yang tetap positif menjadi salah satu faktor pendorong pertumbuhan kinerja Perseroan.

Hal itu ditunjukkan dengan peningkatan traffic kendaraan di berbagai jalur tol yang dikelola oleh Perseroan.

“Bisnis jalan tol masih menjadi kontributor utama pendapatan perseroan. Namun kami optimistis kontribusi dari sektor lain seperti bisnis air bersih, jasa pelabuhan dan energi terbarukan akan terus meningkat. Kami juga sangat terbuka untuk masuk ke sektor infrastruktur lain yang memiliki potensi menarik,” jelas Deden di Jakarta,  Kamis, (31/10/2013).

Untuk memperkuat bisnis perusahaan, di tahun 2013 ini META telah melakukan aliansi strategis dengan menggandeng Capital Advisors Patners Asia Pte Ltd (CapAsia) sebagai strategic investor di bisnis jalan tol.

Langkah itu dilakukan dengan mengundang CapAsia yang merupakan private equity fund management yang fokus berinvestasi pada sektor infrastruktur di Asia Tenggara tersebut untuk mengambil bagian 25 persen saham-saham baru dari portepel dan saham yang telah diterbitkan dalam MUN.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com