Kompas.com - 04/11/2013, 12:52 WIB
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Media Nusantara Tbk (MNCN) membukukan laba bersih Rp 318 miliar sepanjang periode Juli-September 2013. Angka ini menurun 24 persen jika dibanding periode yang sama tahun sebelumnya, Rp 418 miliar.

"Ini karena peningkatan translasi kurs Rp 82 miliar atas pinjaman bank senilai US$ 37 juta," ujar Hary Tanoesodibjo, Direktur Utama MNCN melalui keterangan tertulisnya, (4/10/2013).

Selain itu, penurunan bottom line perusahaan juga dipicu oleh meningkatnya beban langsung perusahaan sebesar 20 persen menjadi Rp 707 miliar dari sebelumnya 587 miliar pada periode Juli-September 2012.

Penyelenggaraan ajang Miss World dan Piala Menpora menjadi biang keladi kenaikan beban langsung tersebut. Sehingga, meski pendapatan MNCN Juli-September 2013 naik 14 persen menjadi Rp 1,61 triliun, namun bottom line yang diterima perusahaan pada periode tersebut menjadi kurang maksimal.

Kendati demikian, secara keseluruhan emiten media ini mampu membukukan kinerja yang cukup baik sepanjang periode Januari-September 2013 dengan membukukan pendapatan Rp 4,75 triliun, naik 6 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya, Rp 4,46 triliun.

Pendapatan iklan masih menjadi kontibutor terbesar dengan menyumbang Rp 4,37 triliun, atau 92 persen dari pendapatan konsolidasi MNCN. Pendapatan iklan itu sendiri juga naik 11 persen menjadi Rp 4,37 triliun dari sebelumnya Rp 4,46 triliun.

Alhasil, laba bersih MNCN per sembilan bulan 2013 naik 9 persen menjadi Rp 1,27 triliun. Bandingkan dengan perolehan laba bersih MNCN periode yang sama tahun sebelumnya, Rp 1,17 triliun. Sementara laba bersih per saham dasar atau earning per share (EPS) juga naik 10 persen menjadi Rp 91 per saham dari sebelumnya Rp 83 per saham. (Dityasa H Forddanta)

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

Sumber Kontan
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.