Kompas.com - 04/11/2013, 13:41 WIB
Ilustrasi batu bara KOMPAS/ADI SUCIPTOIlustrasi batu bara
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Pelindo III (Persero) telah merampungkan pembangunan terminal peti kemas dan dermaga Pelabuhan Trisakti Banjarmasin dalam rangka mendukung program pemerintah Masterplan Percepatan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI) di kawasan tersebut.

General Manager PT Pelindo III (Persero), Toto Heli Yanto menjelaskan, sebelumnya pelabuhan trisakti hanya bisa beroperasi 8 jam karena faktor kedalaman alur sungai Barito yang mengandalkan air pasang.

Namun kini, adanya pemeliharaan alur Barito, maka kapal dapat beroperasi keluar dan masuk pelabuhan selama 24 jam nonstop.

"Hal ini tak lepas adanya sinergi antara PT Pelindo III dengan Pemerintah Daerah Kalimantan Selatan yang membentuk anak perusahaan untuk pengelola alur sungai Barito yang kedalamannya terbatas," ujar Toto, Senin (4/11/2013).

Toto Heli Yanto lebih lanjut merinci, keseluruhan proyek yang dibangun Pelindo III merupakan proyek vital dari perusahaan dalam rangka mendukung visinya memacu integrasi logistik nasional.

Beberapa proyek pembangunan infrastruktur telah dibangun di Pelabuhan Trisakti Banjarmasin, di antaranya perpanjangan dermaga petikemas sepanjang 265 meter x 36,5 meter dengan struktur beton, dengan nilai proyek mencapai Rp 78,49 miliar.

Selanjutnya, pembangunan lapangan penumpukan stockpile batubara seluas 1,9 Ha, dengan struktur fullplate concrete, dengan nilai proyek mencapai Rp. 43,15 miliar dan perpanjangan dermaga sepanjang 96 meter dan peningkatan container yard (CY) muat seluas 2 Ha, yang memakan biaya sekitar Rp. 54 miliar.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

“Beberapa proyek investasi lain berupa infrastruktur dan suprastruktur Terminal Petikemas Banjarmasin (TPKB), diantaranya pengadaan alat angkat dan angkut petikemas seperti container crane (CC) dan rubber tyred gantry (RTG), dengan nilai total investasi mencapai 365 miliar”, tutur Toto.

Pembangunan proyek infrastruktur itu merupakan suatu kebutuhan yang mendesak bagi operasional pelabuhan guna menunjang pelayanan dalam melayani arus barang yang cenderung meningkat dari tahun ke tahun.

Kepala Humas PT Pelindo III Edi Priyanto, menambahkan bahwa perekonomian di Kalimantan Selatan sedang menggeliat, pertumbuhan arus barang yang melalui pelabuhan Banjarmasin menunjukkan peningkatan yang signifikan. (Adiatmaputra Fajar)Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.