Kompas.com - 04/11/2013, 17:56 WIB
Ilustrasi proyek Antam KOMPAS/NASRULLAH NARAIlustrasi proyek Antam
EditorBambang Priyo Jatmiko

NUSA DUA, KOMPAS.com - PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) menyiapkan sedikitnya tiga anak usaha untuk bisa mencari pendanaan dari pasar modal melalui IPO.

Tato Miraza, Direktur Utama Aneka Tambang mengatakan, ketiga anak usaha yang akan IPO itu adalah PT GAG Nikel, PT Cibaliung Sumber Daya (CSD), dan PT Marga Citra Utama (MCU).

"Kami akan pelajari dulu aturannya, setelah itu baru kami akan putuskan (mana yang akan IPO terlebih dahulu," ujarnya, Senin (4/11/2013). Ia belum mau mengatakan lebih mendetail terkait rencana IPO tersebut.

Namun, yang jelas, hajatan IPO anak usaha itu tidak akan dilakukan sekaligus, melainkan secara bergiliran. Sekadar informasi, GAG Nikel dan MCU belum secara resmi beroperasi secara komersial.

GAG merupakan perusahaan yang bergerak di bidang eksplorasi dan operator tambang. Berdasarkan laporan keuangan ANTM per akhir September 2013, total aset sebelum eliminasi GAG sekitar Rp 82,39 miliar.

Sementara itu, sektor usaha MCU adalah pembangunan, perdagangan, perindustrian, pertanian, dan pertambangan. Perusahaan ini memiliki total aset sebesar Rp 138,57 miliar. Adapun, CSD merupakan perusahaan pertambangan emas dan telah beroperasi. Total asetnya hingga September 2013 mencapai Rp 1,14 triliun. (Amailia Putri Hasniawati)Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Sumber Kontan
26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.