Kompas.com - 08/11/2013, 19:27 WIB
Layanan UlaMM PNM KONTANLayanan UlaMM PNM
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - PT Permodalan Nasional Madani (PNM) mengadakan pelatihan pengembangan kapasitas usaha bagi lebih dari 300 nasabah di Cirebon, Makassar, dan Jambi.

EVP PT PNM Arief Mulyadi mengatakan sebagai perusahaan pembiayaan, PNM fokus menyalurkan bantuan pendanaan bagi para pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah tanpa melupakan bahwa ada bantuan lain yang harus mereka peroleh.

“Bantuan permodalan memang menjadi kebutuhan, tetapi tidak semata-mata berupa uang. Para pelaku UMKM juga memerlukan modal ilmu untuk mengembangkan usaha,” ujarnya, Jumat (8/11/2013).

Menurut dia, kegiatan pelatihan di tiga kota ini tidak hanya memberikan pengetahuan dan motivasi bagi peserta. PNM berharap para peserta dapat saling berkomunikasi dan memperluas jaringan bisnis mereka.

“Kami memberikan pelatihan mulai dari yang paling dasar agar mereka bisa mengelola usahanya lebih profesional. Pelatihan disesuaikan dengan karakteristik nasabah, mulai dari jenis usaha, letak geografis, hingga kemampuan dan pengetahuan usaha mereka,” ujar Arief.

Kepala PNM Cabang Makassar Maimun Bakri mengatakan pertumbuhan penyaluran pembiayaan sepanjang tahun ini hingga Oktober 2013 mencapai Rp 227,1 miliar, naik 12,76 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 201,4 miliar.

Kenaikan penyaluran pembiayaan di Makassar juga didorong oleh pertumbuhan jumlah nasabah yang mencapai 19,4 persen menjadi 4.756 nasabah hingga Oktober 2013 dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya sebanyak 3.983 nasabah.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Sementara itu, Kepala PNM Cabang Cirebon Ananto Seno mengatakan pertumbuhan penyaluran pembiayaan sepanjang tahun ini hingga Oktober 2013 mencapai Rp170,54 miliar, naik 16,58 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu sebesar Rp146,28 miliar.

“Bulan ini kami mengadakan dua kali pelatihan, hari ini dan 11 November mendatang. Kami berharap para peserta dapat saling berkomunikasi dan memperluas jaringan bisnis mereka,” ujar Ananto.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.