Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

2014, Kredit Valas Bank Mandiri Dipatok Tumbuh 10 persen

Kompas.com - 11/11/2013, 13:52 WIB
Estu Suryowati

Penulis


JAKARTA, KOMPAS.com - Bank Mandiri memproyeksikan pertumbuhan kredit valuta asing (valas) pada 2014 mendatang tak setinggi tahun ini. Begitu pula dana pihak ketiganya (DPK).

Direktur Keuangan dan Strategi Bank Mandiri, Pahala N Mansury memperkirakan tekanan terhadap mata uang rupiah tahun depan tak sekuat tahun ini, yang mencapai 18 persen atas dollar AS.

"Perkiraan kami begitu, karena tidak akan terjadi depresiasi rupiah sebesar tahun ini. Kedua, dengan kemungkinan adanya tapering off, sebagian dana valas tak tumbuh seperti saat ini," kata Pahala di sela-sela Mandiri Investment Forum di Jakarta, Senin (11/11/2013).

Pertumbuhan DPK valas tahun ini di atas 25 persen. Pahala memperkirakan tahun depan di bawah 25 persen. Sementara pertumbuhan kredit valas tahun ini di kisaran 8-10 persen.

Untuk itu, pada tahun depan, Bank Mandiri akan menjaga pertumbuhan kredit valas di atas10 persen, untuk menjaga loan deposit ratio (LDR) di kisaran 75-80 persen.

"Sekarang ini LDR kita 64-65 persen. Kita lihat tahun depan naik. Tapi kita jaga di kisaran 75-80 persen," ujarnya.

Di sisi lain, lanjut Pahala, Mandiri bakal fokus pada likuiditas rupiah. Ia juga mengatakan Mandiri akan cenderung memperbanyak transaksi rupiah, contohnya membiayai proyek infrastruktur yang pendapatannya berupa rupiah.

"Karena pertumbuhan yang kita harapkan LDR rupiah lebih tinggj dari LDR valas. Kita juga berharap pertumbuhan kredit rupiah lebih tinggi daripada pertumbuhan kredit valas," jelas Pahala.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com