Industri Telekomunikasi Respons Positif Pelonggaran DNI

Kompas.com - 12/11/2013, 21:14 WIB
BTS KONTAN/Achmad FauzieBTS
EditorBambang Priyo Jatmiko

JAKARTA, KOMPAS.com - Kalangan industri telekomunikasi menyambut baik rencana pemerintah merevisi Daftar Negatif Investasi (DNI).

Menurut Rudi Rusdiah, Board of Director dan Ketua Bidang Industri Manufaktur Masyarakat Telematika Indonesia (Mastel), pelonggaran DNI bisa mendorong tumbuhnya investasi di sektor telekomunikasi. Selama ini, pemerintah memiliki dana terbatas untuk pengembangan sektor ini.

Rudi menambahkan, Indonesia bisa mengambil manfaat dari peran asing, dan diharapkan tidak terlalu phobia dengan istilah asing. “Yang terpenting, peran mereka bisa turut mendukung program pemerintah menyediakan layanan telekomunikasi bagi rakyat Indonesia,” kata Rudi, dalam siaran pers, Selasa (12/11/2013).

Menurutnya, operator-operator telekomunikasi juga mayoritas sudah dimiliki asing. Di Telkomsel, misalnya, saat ini Telkom memegang sekitar 65 persen saham Telkomsel. Sisanya dimiliki Singapore Telecom (SingTel Singapura) sebesar 35 persen. PT Indosat Tbk, kepemilikan sahamnya dimiliki Qatar Telecom (Ooredoo) sebesar 65 persen. PT XL Axiata Tbk, sebanyak 66,48 persen dimiliki Axiata Investments Sdn Bhd Malaysia.

Saat ini pemerintah Indonesia tengah merevisi Peraturan Presiden (Perpres) No.36 tahun 2010 tentang Daftar Negatif Investasi (DNI). Rencananya, akan ada 6 sektor bisnis yang akan dibuka lebih lebar untuk para investor asing.

Salah satunya adalah sektor telekomunikasi. Investasi asing secara langsung, bukan melalui pasar modal, di sektor telekomunikasi yang sebelumnya ada yang maksimal 49 persen, seperti di sektor telepon tetap (fixed line), nanti akan menjadi 65 persen.Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.